Dari beberapa informasi nitrogen
katanya lebih baik dibanding angin biasa.Ada yang bilang lebih enteng
buat kecepatan tinggi serta tahan lama tidak gampang membuat ban
kempes. Pada dasarnya tidak ada yang salah dengan informasi diatas.
Namun keterangan masih kurang spesifik dan detil. Jadi akan coba
ulas secara sederhana untuk menambah ilmu.Sekedar
informasi angin biasa yang disuntikkan kedalam ban mengandung 78 persen
nitrogen, 21 persen oksigen dan sisanya adalah CO2 serta gas lain
seperti neon dan argon plus sedikit unsur air.
Dalam pemakaian jangka panjang campuran
unsur tersebut akan memicu efek pengembunan serta korosi atau karat
khususnya pada pelk tunggangan. Selain itu sifat angin juga mudah
terlepas dari pori-pori ban sebab partikelnya lebih kecil dibanding pure
N2. Pada kecepatan tinggi temperatur ban meningkat….unsur diatas juga
ikut memuai. Tidak heran keawetan karet ban akan lebih pendek. Sementara
hal itu tidak akan terjadi jika kita menggunakan nitrogen murni tanpa
terkontaminasi unsur lain.
Berikut beberapa keuntungan yang didapat dari
nitrogen…
- Gas nitrogen (N2) lebih stabil daripada angin dan udara biasa karena tidak gampang terpengaruh suhu ban yang sering naik turun akibat cuaca dijalanan.
- N2 mempunyai berat jenis lebih ringan dan partikelnya yang lebih besar dibanding oksigen membuat kebocoran ban ber-Nitrogen lebih sedikit sehingga tidak membutuhkan pengisian yang terlalu sering. Keawetan nitrogen didalam ban bahkan diklaim 1/3 lebih lama dibanding angin.
- Kinerja ban lebih optimal ketika berputar karena sifatnya yang dingin
- Lebih hemat BBM (bila tekanan angin selalu terjaga)
- Memperbaiki manuver tunggangan
- Sifat nitrogen adalah non-corrosive dan mampu mengurangi oksidasi dan karat karena N2 nihil oksigen dan unsur lembab
- Nitrogen adalah gas kering yang akan mencegah terjadi karat atau korosi pada pelk. Selain itu kompon karet yang diisi N2 juga akan lebih awet “long life” akibat nihilnya unsur air yang memicu kelembahan pada ban. Padahal dalamn jangka waktu lama lembab sisi dalam dan panas sisi luar bisa membuat material karet ban crack secara mikro yang berdampak pada kurangnya durability
NOTE
Saat mengisi Nitrogen pertama kali,sangat anjurkan mengeluarkan seluruh isi angin diban sebelumnya. Inflate
tires sangat penting untuk memastikan unsur yang masuk kedalam ban
adalah murni N2. Dengan peningkatan Nitrogen hingga 95 persen (sangat
sulit membuatnya 100 persen).
Casino, Tunica Resorts, United States - MapYRO
ReplyDeleteCasino, Tunica Resorts, United States. See MapYRO 서울특별 출장안마 location and read reviews, real-time driving 시흥 출장마사지 directions, and reviews 김천 출장샵 of popular restaurants 영천 출장샵 and 광양 출장마사지 bars.