Sebelum ditemukan Spiny Sleve, berikut ini adalah bentuk Liner dibagian yang menyatu dengan blok silinder luar :
Lihat ada semacam Guratan guratan ‘Sleeve’,Kata sleve sendiri jika diartikan secara bebas berarti lengan untuk ‘memegang’ dan guratan sleve ini adalah untuk memegang liner supaya tidak bergerak.
Jelaskan ada semacam tangan/ ankur liner untuk memegang blok silinder.Namun di sinilah masalah terjadi.
Jadi masih ingat pelajaran Fisika, maka akan inget namannya pemuaian logam karena panas,liner silinder juga begitucakibat gerakan naik turun piston dan pembakaran tentu membuat Liner yang biasannya terbuat dari Baja menjadi panas dan saat panas, baja akan memuai dan tentu daerah yang tebal dan daerah yang kecil akan beda pemuaiannya sehingga setelah panas, silinder yang menggunakan ‘sleeve’ kayak di atas akan begini pemuaiannya
Ada ke tidak seragaman pemuaian logam liner karena tebalnya beda beda dan Ini jelas bisa membuat permukaan dalam liner jadi tidak merata dan bisa memicu gesekan dengan piston, bahkan paling parah bisa membuat piston baret dan karena itu hadirlah silinder dengan Spiny Sleeve.
Pada Spiny Sleeve, Tangan ( angkur) untuk memegang liner ke blok mesin jauh lebih banyak udah kayak duri kecil kecil,model ini karena sebaran sleeve-nya lebih banyak dan merata, maka disipasi ( penyaluran) panas ke blok silinder juga menjadi lebih merata karena ternyata daya tempel ( adhesif ) antara liner dan blok silinder jauh lebih rekat daripada tipe silinder konvensional Non Spiny Sleeve
Dan selain itu tingkat pemuaian logam liner cenderung merata, sehingga tidak terjadi benjolan benjolan dibagian liner dalam yang disebabkan pemuaian tidak merata pada sleeve tipe konvensional biasa.Spiny Sleeve ini lah yang menjadi salah satu resep optimalisasi disipasi panas.
Hi Sir
ReplyDeleteI am karamjeet Singh from India. I can make spine lock cylinder liners if want any where please give me chance for job.
Thank
Karamjeet Singh
+919646635972