3M Universal Injector Cleaner
Menurut Yamaha dipilihnya Cleaner ini dikarenakan sifat cairan pembersihnya yang aman terhadap fungsi fungsi elektrikal dari sensor sensor dan di sistem Injeksi motor ada banyak sekali sensor bertebaran. Lagi Pula Larutan kimianya pun aman terhadap karet karet klep sambungan.Langkah 1 : Bersihkan Throttle Body
Langkah pertama adalah membersihkan Throttle Body.throttle body ini merupakan Part untuk mengalirkan Udara yang digunakan untuk pembakaran karena udara tempat kita riding tidak ketauan kualitasnya dan disinyalir berbeda beda maka lama kelamaan beberapa bagian dari throttel body seperti throttle plate dan klep kupu kupu yang digunakan untuk mengendalikan aliran udara kadang kadang tedapat penumpukan karbon dan kotoran
Pembersihan Throttle body dilakukan terpisah.Karena saat menggunakan 3M Injector Cleaner yang terkena pembersihan adalah jalur injector, ruang bakar dan klep sedangkan throttle body tidak kena sehingga kita harus bongkar sistem injector lepas throttle body, lalu bersihkan Throttle body secara terpisah. Caranya dengan menyemprotkan bagian bagian dalam dari trotel body dengan pembersih karburator (Carb Cleaner).setelah itu kembalikan lagi install ke dalam sistem injeksinya
Langkah 2 : Persiapan Pembersihan Injector dan Ruang bakar
Yang dibersihkan bukan hanya Injector, melainkan juga Ruang Bakarnya karena Cairan 3M Universal Injector Cleaner berlaku juga sebagai bahan bakar sementara yang akan dibakar dalam ruang bakar motor nantinya. Menurut spesifikasinya cairan pada 3M Universal Fuel Injector Cleaner juga merupakan campuran bbm ber Oktan Tinggi dan cukup aman buat mesin kompresi tinggi serta dari awal yang akan dibersihkan bisa meliputi injector, ruang bakar, dome piston, sampai klepnya karena kesemua part ini akan bersentuhan dengan cairan cleaner saat proses pembersihan.Proses pembersihannya menggunakan kerja mesin,mesin akan dinyalakan nanti saat pembersihan. Karena Bahan Bakarnya menggunakan Cairan 3M Injector Cleaner maka suplay bahan bakar dari Tangki bbm harus dihentikan caranya dengan mencopot konektor pipa saluran bbm yang bertemu dengan Injector dan Melepas konektor power fuel pump untuk mematikan Fuelpump Ingat kalau tidak dilepas konektor powernya, nanti bbm akan nyemprot dari pipa (hose) dan tentu berbahaya
Tutup dulu keran saluran tabung Injector cleaner, ini akan menyetop aliran cairan cleaner lalu atur tekanan yang keluar dari tabung injector Cleaner menggunakan sebuah regulator menyamai tekanan semburan bahan bakar dari Fuel Tank. Untuk Mio J sebesar 325 kPa (kilo pascal) dan untuk Vixion 250 kPa, untuk motor lain tentu berbeda nilainya silahkan cari di spesifikasinya ya. FYI, 3M Universal Fuel Injector Cleaner memiliki spesifikasi tekanan 100 psi atau sekitar 689,5 kPa Jadi masih melebihi tekanan yang dihasilkan Fuel Pump, oleh karena itu butuh regulator kalau tidak bakalan terlalu kencang nyemprotnya.
Lalu Sambungkan ujung konektor yang dibuat khusus untuk bertemu dengan ujung saluran injector dari Mio J. Ujung konektor ini pun berbeda beda Mio J berbeda dengan Vixion. Di alat Injector cleaner plus selang dan konektor seharga 4 juta rupiah ini sudah termasuk konektor cleaner ke injector Vixion dan Mio J dan disediakan Yamaha Untuk jaringan 3Snya. Setelah terkoneksi sampai disini proses persiapan telah Lengkap.
Langkah 3 : Proses Pembersihan Injector dan Ruang Bakar
Langkah pertama yang kita lakukan adalah memutar kunci kontak dalam posisi ON,lalu Buka keran selang penghubung tabung cleaner dengan injector untuk mengalirkan cairan injector Cleaner ke sistem Injeksi Via injector.
Lalu setelah itu nyalakan mesin motor secara normal di RPM Langsam alias RPM Idle dari sini kita akan lihat bahwa akumulasi tekanan yang terlihat pada pressure meter akan berkurang dari 324 menjadi sekitar 240 pada kasus Mio J yang di bersihkan. tekanan akumulasi ini sudah merupakan tekanan akumulasi karena tabung sudah dihubungkan dengan ruang bakar via injector. Proses penyalaan mesin dilakukan selama 10 menit.
Kalau sudah 10 menit tekanan pada 3 m dikurangi sampai Nol yang artinya juga merupakan upaya menutup aliran cairan injector cleaner ke injector. lalu setelah itu tunggu sampai mesin mati dengan sendirinya. Setelah mesin mati, lakukan starter beberapa kali untuk memastikan cairan Injector cleaner sudah benar benar habis. Lalu setelah itu matikan mesin, copot Konektor Selang yang terhubung dengan tabung cleaner menggunakan lap. Masih kurang yakin juga turunkan selang lalu keluarkan sisa cairan dengan bantuan gaya Gravitasi
Setelah itu Copot kembali konektor selang cleaner yang terhubung ke Injector, lalu pasang kembali konektor selang dari Fuelpump. Pasang Konektor power fuel pump lalu pasang kembali body bagasi underseat Motor dan Injector plus Ruang bakar pun telah mengalami proses pembersihan yang efeknya diharapkan dapat menyegarkan performa mesin, menghaluskan idle /langsam, memperbaiki performa akselerasi, menghemat bahan bakar serta memperbaiki emisi gas buang agar langit semakin biru.
Mohon bantuannya gan mtr sy mio j gas nya kekexilan mtr langsung mati sdh di ganti injector nya tapi mtr tetap tersendat2 itu apa nya ya gan masalah nya isc jg sdh di bersih kn mohon bantuannya gan
ReplyDeleteMohon bantuannya gan mtr sy mio j gas nya kekexilan mtr langsung mati sdh di ganti injector nya tapi mtr tetap tersendat2 itu apa nya ya gan masalah nya isc jg sdh di bersih kn mohon bantuannya gan
ReplyDelete