Tuesday 20 May 2014

Cara Membersihkan Injektor Motor Yamaha Dengan Yamaha Injector Tester (YIT)

Yamaha Injector Tester (YIT)
Saat menggunakan Yamaha Injector Tester (YIT), perlu diketahui 4 (empat) istilah yang terdapat pada alat ini, yaitu Air Bleeding, Spray, Jet Amount, dan Cleaning. Berikut adalah fungsi serta kegunaannya : 


  • Kode A : Air Bleeding berfungsi untuk membuang sisa tekanan pada injektor.
  • Kode B : Spray berfungsi untuk melihat kualitas pengabutan/semprotan injektor, melihat kondisi injektor (bagus/tidak).
  • Kode C : Jet Amount berfungsi utk melihat perbandingan volume bahan bakar, dibandingkan antara injektor baru dengan injektor lama (punya pelanggan) setelah dibandingkan akan diketahui kondisi injektor pelanggan.
  • Kode D : Cleaning berfungsi untuk membersihkan sisa karbon yang terdapat pada lubang injektor, alat YIT akan mengatur waktu 180 detik secara otomatis, selanjutnya akan terjadi reaksi pembersihan sisa karbon yang melekat pada injektor.

Cara menggunakan Yamaha Injector Tester :
  • Setelah melepaskan injektor dari motor FI kita, selanjutnya injektor dirakit ke YIT. Injektor diletakkan pada posisi puncak YIT, disana sudah terdapat dudukan dengan pengaturan khusus dilengkapi baut dan selang bertekanan yang akan digunakan untuk menguji kelayakkan injektor.

  • Langkah pertama mengaktifkan tombol Air bleeding, fungsinya untuk membuang sisa tekanan pada injektor – Langkah ini dilakukan tanpa menyalakan fuel pump, dan cukup tekan tombol start, dan YIT akan mengatur sendiri waktu yang dibutuhkan untuk langkah ini (cukup 10 detik saja).
  • Untuk melihat kemampuan injektor dalam menyemprotkan bahan bakar bisa menggunakan Jet Amount, pada langkah ini perbandingan volume bahan bakar akan terlihat pada tabung, dan perbandingan antara injektor baru (sebagai pembanding) dengan injektor punya pelanggan akan terlihat kemampuannya. Langkahnya adalah tekan tombol Jet Amount lalu start, lalu akan terjadi reaksi cairan mengalir dari lubang injektor ke dalam tabung, dari sana akan terlihat perbandingan antara dua type injektor (baru – sebagai pembanding dan injektor punya pelanggan) secara terukur, durasi untuk melakukan ini adalah 60 detik.

  • Untuk melihat kualitas pengabutan injektor masih berfungsi baik atau tidak bisa menggunakan teknik Spray pada YIT. Injektor pada YIT dipindahkan kearah samping (kotak kaca), disana injektor akan mendapatkan tekanan angin dari pompa, setelah itu proses pengabutan terjadi, teknik perbandingan injektor baru dan lama juga masih digunakan pada langkah ini.

  • Terakhir adalah melakukan proses Cleaning fungsinya membersihkan sisa karbon yang mungkin saja masih terdapat pada lubang injektor, alat YIT akan mengatur waktu secara otomatis dan durasinya adalah 180 detik.

  • Kemudian pasang kembali injektor ke sepeda motor.
                                      
             

No comments:

Post a Comment