Monday 5 January 2015

Linier Silinder Super Electrofusion Cylinder



Linier silinder sangat berpengaruh terhadap durable silinder dan piston untuk itu sebuah pabrikan terus berinovasi untuk menciptakan linier silinder salah satunya kawasaki.
Kawasaki mempunyai teknologi yang pernah dipakai di beberapa varian 2T Kawasaki Yakni teknik penguatan liner silinder dengan nama Super Electrofusion Cylinder.
Jadi Tujuan Pelapisan Electrofusi Juga sama seperti teknik pelapisan dinding liner Silinder lainnya yaitu membuat dinding liner dalam dari silinder menjadi Kuat dan durable. Cara pelapisannya ini yang menarik yakni menggunakan seutas kawat dengan diameter 1,4 mm yang diletakkan di tengah poros silinder lalu dialiri listrik tegangan super tinggi.


Untuk bahan kabel tersebut biasanya 2 jenis yakni:
  • molybdenum
  • high carbon steel



Kalau molybdenum biasanya tegangan yang dialirkan ke kedua kutubnnya adalah 15 Kilo Volt, sedangkan Hi Carbon Steel sekitar 13 Kilo Volt.Karena dialiri listrik yang super tinggi maka kawat tersebut akan "meledak" dan hancur dan kabel yang "meledak" akan menjadi partikel halus yang akan menempel di permukaan silinder. Untuk molybdenum dilakukan 7 kali peledakan dan untuk Hi Carbon steel peledakan dilakukan 2x lipat lebih banyak dibanding molybdenum.



Karena peledakan dilakukan berkali kali maka di bagian dalam silinder akan terbentuk lapisan setebal 0,07 mm. Lapisan ini memang tipis namun punya karakter keras yang luar biasa dan ada karakter menarik lainnya yakni karakter porus (menyerap) sehingga bisa menyerap dan menahan Oli Pelumas yang dapat menjamin pelumasan yang terus menerus bagi gesekan piston dengan dinding silinder serta kerasnya dinding silinder dan licinnya gerakan piston terhadap dinding silinder juga didapat dari proses ini.

No comments:

Post a Comment