Tuesday 6 January 2015

Cara Setting Shift Timing Light Yamaha YZF R25



Cara mengatur (adjust) blinking  shift timing light memang cukup mudah.Fitur yang berguna untuk mengingatkan pengendara jika ingin berganti gear dan RPM ini ternyata bisa diseting sendiri tanpa perlu datang kebengkel resmi. Hanya mengandalkan tombol select dan reset serta tanda kedipan lampu.

Yamaha membekali teknologi moge pada YZF R25 yang disebut sebagai shift timing light. Tujuannya adalah untuk memberikan sinyal secara akurat pergerakan RPM pada pengendara lewat kedipan lampu yang akan nyala diRPM yang diinginkan. Orientasinya bisa untuk tujuan balap ataupun keiritan saat digunakan harian

Untuk standart pabrikan, shift timing light dipatok diangka 7000 RPM. Namun angka tersebut tidak mutlak sebab bisa dirubah di RPM yang diinginkan. Secara garis besar cara setingan sebagai berikut:

  • Dalam kondisi mesin mati, tekan tombol select dan tahan sambil  kunci kontak di ON.
  • Saat posisi ON akan muncul kedipan (tombol select jangan terlepas) hingga lampu RPM menyala baru kemudian lepas.
  • Disini akan menemui lampu shifting menyala, berkedip dan mati. Silahkan memilih salah satu dari 3 mode yang ditawarkan pabrikan dengan tombol Reset.Setelah itu tekan tombol select untuk konfirmasi.
  • Langkah selanjutnya adalah memilih kapan lampu menyala. Tinggal tekan tombol Reset (Res) maka RPM akan akan bergerak sesuai pencetan yang dilakukan (standart pabrikan mulai dari 7000 RPM). Hentikan posisi jarum diposisi yang diinginkan (misalnya di angka 11,000 RPM) serta kapan lampu akan mati
  • Sebagai konfirmasi tekan select kembali dan selesai
  • Kunci kontak silahkan dimatikan setelah itu baru dinyalakan kembali kemudian tekan tombol starter dan tarik gas.Nyala shifting light sudah bergeser ke 11,000 RPM.

Pada kontrol select dan reset bisa juga mengatur mode lampu yang diinginkan mau mati, nyala terus atau kedip. Kalau masih bingung silahkan baca petunjuk cara setting di dalam buku manual owner YZF R25.


No comments:

Post a Comment